Jumat, 11 Maret 2022

Peresmian Cabang Latihan TSPM Masjid Al Ittiba’ Truko, Kangkung, Kabupaten Kendal



KENDALMU.COM | KANGKUNG. Cabang latihan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Masjid Al Ittiba’ Truko, Kangkung diresmikan oleh Ketua Pimda TSPM Kendal, Suprapto. Peresmian berlangsung pada Jum’at malam (11/3).

Suprapto mengatakan, TSPM sebagai salah satu bagian dari Ortom dan kader Muhammadiyah mestinya merasa bangga.

“Sebagai anggota TSPM haruslah merasa bangga, karena anggota di Tapak Suci tidak saja belajar beladiri, namun juga ikut aktif dalam syiar dakwah” katanya.

Dia menerangkan, TSPM tidak saja mendidik, membina ketangkasan dan ketrampilan pencak sitat sebagai seni beladiri Indonesia, namun juga memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia yang sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa yang luhur dan bermoral.

“Tapak Suci memegang slogan prestasiku dakwahku, sehingga dalam program kerjanya sangat menekankan kemajuan prestasi atlet di kancah kejuaraan” tegasnya.

Menurut Suprapto, sampai saat ini Tapak Suci menjadi perguruan pencak silat yang sangat diperhitungkan di dunia turnamen pencak silat.

Ketua Pimda TSPM Kendal juga meminta kepada anggota yang nantinya akan berlatih di Masjid At Ittiba’ Truko perlu disyukuri dan dimaknai sebagai kebangkitan TSPM Kendal.

Terkait tentang dinamika Pimda TSPM Kendal, Suprapto meminta seluruh anggotanya untuk mensupport para atlet TSPM Kendal. Pasalnya sepuluh atlet TSPM Kendal akan berlaga di ajang Kejurda IPSI Kendal 2022.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Al Ittiba’ Truko, KH. Abdullah Sachur ketika dihubungi melalui sambungan telefon sangat mengapresiasi dan terima kasih atas inisiatif penyelenggaraan TSPM di masjid Al Ittiba’Truko ini.

“Alhamdulillah di Masjid Al Ittiba’ Truko telah diresmikan sebagai cabang latihan dan segera dimulai latihan TSPM” katanya.

Perguruan TSPM, kata dia, dimaksudkan untuk membentuk karakter anak muda muslim yang sehat jasmani, rohani, bertauhid, dan berakhlak mulia.

Dia menerangkan, Rasulullah SAW dalam membina ummatnya menganjurkan untuk olahraga berkuda, memanah, renang dan gulat.

“Itu olahraga pertahanan diri menjaga keselamatan diri dan ummat, karena ummat harus kuat” tegasnya.

Menurutnya, masjid sebagai tempat ibadah tidak hanya digunakan untuk ritual shalat saja, tetapi juga darul Ilmi, dan pembinaan jamaah secara paripurna, mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan.

“Sudah banyak kita saksikan  ketika ummat menghadapi bahaya mereka mencari perlindungan di masjid, ketika terjadi bencana maka mereka mengungsi di masjid, bahkan pada zaman Rasulullah SAW ada kaum suffah kaum lemah dan miskin yang di masjid untuk mencari kesejahteraan hidup” terangnya.

Dijelaskan,  Di TSPM dijaga salimul aqidah, akidah yang lurus, karena tidak ada unsur syirik seperti mantera mantera dan kekebalan “La Haula wala Quwwata illa Billah” tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah SWT.

Sedangkan Wakil Ketua Takmir Masjid Al Ittiba’ Truko, Akhmad Sulkhan mengatakan, banyak cara untuk memakmurkan masjid, diantaranya adalah diadakannya latihan TSPM.

“Dengan latihan TSPM di Masjid Al Ittiba’ maka hati para anggota TSPM terikat dengan masjid, karena dengan iman dan akhlaq saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlaq saya menjadi lemah” kata Sulkhan mengutip motto TSPM.

Menyinggung tentang dinamika Masjid Al Ittiba’, Sulkhan telah memprogramkan perlengkapan olahraga selain TSPM dan kegiatan lainnya.

“Takmir juga akan memfasilitasi perlengkapan tenis meja yang bisa digunakan para Angkatan Muda Masjid dan jamaah masjid sebagai media olah raga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Adapun untuk  menyambut hadirnya  bulan Ramadhan 1443 Takmir Masjid juga akan mengadakan pengajian Tarhib Ramadhan yang insya Allah akan dilaksanakan sabtu malam Ahad 19 Maret 2022 yang akan menghadirkan Sekretaris Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah, Ustadz Aang Kunaepi” ungkapnya.


Hadir dalam acara peresmian cabang latihan antara lain jajaran Pimda TSPM Kendal, Pendekar Supangat, Pendekar Rosyid, Pelatih Sobirin. (dyah)

 


Tidak ada komentar: