Senin, 08 Januari 2024

Diikuti 273 Pesilat Muda , Kejuaraan Tapak Suci Darul Arqam Championship (TSDAC) VII digelar dengan meriah



TapakSuciKendal.org. Patean, Kendal. Gelaran Kejuaraan Tapak Suci Darul Arqam Championship (TSDAC) VII telah selesai dilaksanakan, dimulai dari tanggal 4-7 Januari 2024, diikuti oleh 273 atlet putra dari santri-santri Pondok Daril Arqom Patean Kendal. Kejuaraan dilaksanakan di aula lantai 3 Gedung Ahmad Dahlan, MI Pagersari, yang juga masih berada pada komplek Pondok Pesantren Darul Arqam Patean, Kabupaten Kendal. Para atlet ini merupakan perwakilan dari masing-masing kelas santri putra di tingkat MTS dan MA/SMK. Terpantau selama kejuaraan berlangsung, semangat para pesilat begitu kentara terlihat. Hal ini bisa dirasakan dari aura keberanian memancar dari setiap wajah yang bertanding. Bisa dikatakan TSDAC  adalah ajang pembuktian diri dari pesilat masing-masing kelas. Terlihat juga dari antusias supporter dari masing-masing kelas yang begitu bersemangat memotivasi pesilat yang mewakili mereka.

Kejuaraan TSDAC VII dibuka oleh Ketua Pimpinan Daerah 070 Tapak Suci Kendal Suprapto, dan ditutup oleh Pimpinan PM Darul Arqam Patean Pendekar Khoirudin. Pada ajang tersebut juga terpilih kontingen juara umum, dan pesilat terbaik atas nama Abyan. Ketua panitia kejuaraan, Agil, menyatakan bahwa ajang ini memiliki misi melahirkan atlet atlet nasional dari Pondok Pesantren darul Arqam Patean. “Dimasa yang akan datang, santri-santri tidak saja menjadi ulama-ulama yang berdakwah, namun juga mampu menjadi atlet-atlet internasional.” Harap Agil.  

Senada dengan hal itu, Ketua Pimda 070 Tapak Suci Kendal Suprapto menyampaikan, bahwa sebagai Putera Muhammadiyah, yang berarti pengikut Nabi Muhammad S.A.W, anggota Tapak Suci harus mencontoh juga kemampuan fisik yang dimiliki oleh Nabi Muhammad S.A.W. “Rasulullah Muhammad S.A.W tidak saja memberikan contoh dalam hal akidah dan akhlaq, namun beliau juga berdakwah dengan perjuangan kekuatan fisik. “Bukan mustahil, dimasa depan para santri atau alumni Darul Arqam Patean akan berdiri di podium juara olimpiade, sebagai langkah dakwah di arena olahraga.” Tegas Suprapto.

Pendekar Khoirudin mewakili Pimpinan PM Darul Arqam Patean, di moment penutupan menyampaikan selamat kepada para atlet yang telah menjuarai ajang TSDAC VII. Mudah-mudahan nanti bisa berlanjut dan bisa dikirim ke event yang lebih tinggi lagi. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan kejuaraan ini. “ Perlu diketahui, bahwa Tapak Suci di Pondok Modern Darul Arqom merupakan kegiatan unggulan, dimana kitab bisa menggali potensi (para santri di bidang olahraga pencak silat).” Jelas Khoirudin yang juga anggota pleno Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal.

Turut membersamai para santri antara lain Agus Budi Utomo yang juga selaku anggota pleno Pimpinan Daerah Muhamamdiyah, Pelatih Tapak Suci Darul Arqam, Ustadz Syaiful Amri,  Ustadz Ferry, Ustad Riyan, Ustadz Ansori, dan segenap ustadz Darul Arqam Patean dan kader-kader Tapak Suci lainnya.