Sabtu, 23 Desember 2023

Rakerda 3, Tapak Suci Terus Upayakan Peningkatan Prestasi



TapakSuciKendal.org. Pimpinan Daerah (Pimda) 070 Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Kabupaten Kendal terus berupaya meningkatkan prestasi melalui beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk aspek fisik, teknik, taktik, dan mental atlet. TSPM dapat meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan dan pengembangan atlet,  pelatih, serta membangun sistem penghargaan dan pengakuan yang jelas untuk prestasi atlet. Di sisi lain TSPM juga harus meningkatkan kualitas fasilitas latihan dan pertandingan, seperti padepokan atau arena latihan, serta memastikan tersedianya peralatan latihan yang memadai.

Hal tersebut terungkap dalam Rakerda 3 Pimda 070 TSPM Kab. Kendal yang berlangsung pada Sabtu (23/12) di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Pada kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan untuk Pelatih berprestasi, serta penghargaan kenaikan tingkat untuk atlet berprestasi selama tahun 2023.


Menyinggung tentang fasilitas latihan TSPM, Wakil Ketua PDM Kendal, Ali Satiran dalam Rakerda tersebut angkat bicara. Ali Satiran mengatakan, pada prinsipnya PDM Kendal mengharapkan eksistensi Pimda TSPM Kendal dapat segera berkembang seperti TSPM di daerah lain yang berprestasi.

“PDM Kendal melalui keputusan rapat di Bandungan. Kita upayakan tersedianya matras sebagai salah satu alat latihan mengingat TSPM sebagai Ortom Muhammadiyah yang harus mendapat perhatian lebih serius” ungkap Ali Satiran. Diterangkan, hubungan antara TSPM dengan Muhammadiyah berperan sebagai kader yang dalam pembinaannya dapat dilakukan oleh Majelis Pembinaan Kader. Pembinaan kader, kata Ali Satiran, tidak sebatas pembinaan di lingkungan Ortom, lingkup pembinaannya diperluas masuk di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). “Mereka yang bekerja di AUM, seperti sekolahan, harus mendapat pembinaan dalam rangka pengembangan Muhammadiyah di ranting dan cabang” ujarnya.

Dia mengingatkan pentingnya fungsi TSPM, sebagai kader dalam persyarikatan Muhammadiyah, yaitu bingkai Muhammadiyah merujuk pada anggota inti yang menjadi bagian terpilih dalam lingkaran dan lingkungan Muhammadiyah, serta memiliki totalitas jiwa, sikap, pemikiran, wawasan, kepribadian, dan keahlian sebagai pelaku atau subyek dakwah Muhammadiyah di segala lapangan kehidupan. “Kader Muhammadiyah merupakan tenaga inti penggerak persyarikatan yang diorganisir secara permanen dan berkemampuan dalam menjalankan berbagai tugas untuk mencapai tujuan Muhammadiyah,” tegas Ali Satiran.

Ali berharap Rakerda TSPM ini mampu memperkuat peran TSPM di masyarakat melalui berbagai kegiatan dengan menunjukkan identitas TSPM sebagai kader Muhammadiyah. Sedangkan Ketua Pimda TSPM Kendal, Suprapto mengungkapkan, sejumlah prestasi di 2022 telah diraih, diantaranya menyabet juara umum 2 dalam event Kejurkab seleksi PraPonprov Jateng.



“Untuk usia dini di tahun yang sama meraih juara umum di ajang Pekan Olahraga Daerah Kab. Kendal. Sedangkan di awal 2023 melalui kontingan Darul Arqom Patean menyabet juara umum katagori remaja pada PON Daerah Kendal. Dan pengiriman kontingen Kabupaten Kendal di PONProv Jawa Tengah pelajar sebagai level tertinggi kita patut bangga karena satu-satunya atlet yang meraih medali perunggu, atas nama Muhammad Robi’ul ” ungkapnya.

Sedangkan di internal TSPM Kab. Kendal, Suprapto mengatakan, dua event kegiatan telah diselenggarakan, yakni ujian kenaikan tingkat kader yang diikuti oleh 120 atlet, dan dipercaya oleh TSPM Wilayah Jateng sebagai tuan rumah seleksi Kejurnas. Menyinggung tentang organisasi yang dipimpinnya, Suprapto bersama jajarannya sedang berusaha agar TSPM Kabupaten Kendal dapat mandiri dari sisi pendanaan dan pengelolaan SDM.

Suprapto berharap Rakerda kali ini dapat  mematangkan dan fokus di 3 bidang, yakni peningkatan anggota baru melalui pematangan lagi rencana TSPM akademi yang telah dicanangkan, “Di bidang prestasi rencananya eksekusi gelaran sirkuit dua bulanan. Terdapat lima putaran sirkut di setiap eks Kawedanan di Kab. Kendal. Sedangkan fasilitas tetap kita usahakan untuk bersama-sama kita lengkapi” ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan Rakerda antara lain Kepala SMK Muhammadiyah 2 Boja, Nur Khirin, Sekretaris Majelis Dikdasmen PNF, Sutadi, dan Ketua Majelis Pembinaan Kader (MPK) PDM Kendal Edy Hansa.